Responsive Ads Here

Rabu, 15 Agustus 2018

7 Lembah dengan pemandangan terindah di dunia

Alam selalu menginspirasi kita dan orang cenderung akan merasa nyaman ketika dikelilingi oleh keindahan alam. Ketika musim semi dan liburan datang, semua orang merencanakan untuk pergi berlibur dengan keluarga atau teman-teman mereka.

Lembah Jiuzhaigou yang ada di China disebut-sebut sebagai salah satu lembah dengan pemandangan terindah di dunia yang merupakan salah satu harta alam Asia. Namun bukan cuma negeri Tiongkok saja yang memiliki lembah dengan panorama terindah di Asia. India dan negara kita pun dikenal dunia karena lembahnya yang memukau. Begitu juga dengan benua lain Eropa dan Amerika Serikat yang memiliki lembah-lembah berselimut salju di kala musim dingin tiba.

Berikut ini deretan lembah dengan pemandangan terindah di dunia.

1. Lembah Barun - Nepal 

Lembah Barun - Nepal
Lembah Barun - Nepal
Lembah Barun merupakan bagian dari Pegunungan Himalaya yang ada di Nepal. Dilindungi sebagai kawasan cagar alam Taman Nasional Makalu Barun. Lembah ini merupakan rumah bagi sejumlah air terjun indah, ngarai terdalam, dan hutan lebat. Lembah Barun memiliki pemandangan alam yang kontras dengan bebatuan terjal yang menjulang dengan hutan dan bunga berwarna-warni yang mekar di bawah puncak salju putih bersih.

Sejumlah ekosistem terindah juga bisa ditemukan di sini. Spesies langka hewan dan tumbuhan pun tumbuh subur di iklim dan habitat yang beragam, dan relatif tidak terjamah oleh tangan manusia.

2. Lembah Jiuzhaigou - China

Lembah Jiuzhaigou - China
Lembah Jiuzhaigou - China
Jiuzhaigou yang berarti 'lembah sembilan desa' merupakan salah satu harta alam yang dimiliki China. Letaknya di bagian utara provinsi Sichuan dan bagian dari pegunungan Min Shan, di ujung dataran tinggi Tibet. Kawasan ini dilindungi sebagai taman nasional dan menjadi bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1992.

Pemandangan dramatis pegunungan yang ditutupi salju serta hamparan sungai dan danau merupakan daya tarik taman nasional Jiuzhaigou, Tiongkok.  Air terjun, danau-danau tercantik, dan pegunungan karst yang terindah merupakan ciri khas wilayah seluas 72.000 hektar ini. Jutaan turis mengunjungi lembah ini pada musim gugur, umumnya di akhir bulan September sampai November. Pada musim gugur, pemandangan itu akan ditutupi dengan warna jingga khas musim gugur yang memberi kesan sendu dan hangat di area ini.

Jika Anda berniat berkunjung, berhati-hatilah akan resiko "penyakit ketinggian". Jiuzhaigou terletak di ketinggian 3500 meter. Sebaiknya, berkonultasilah dengan dokter Anda terlebih dulu sebelum pergi ke sana.

3. Lembah Kalalau - Hawaii

Lembah Kalalau - Hawaii
Lembah Kalalau - Hawaii
Lembah Kalalau yang merupakan salah satu lembah terindah ini terletak di pulau Kaua'i. Merupakan rumah bagi salah satu pantai terindah yang ada di Hawaii, yaitu Pantai Kalalau. Kalau lembah lain menawarkan pemandangan pegunungan, hutan, dan sungai, Kalalau justru berhadapan langsung dengan laut lepas. Walaupun berdekatan dengan pantai, Kalalau juga memiliki bukit dan ngarai berselimut tumbuhan hijau.

Karena tidak dapat diakses dengan mobil apapun, Anda bisa sampai di sana dengan trekking yang merupakan cara terbaik untuk menjelajahi seluruh lembah. Lembah ini juga terkenal karena lingkungan yang hijau subur.

4. Lembah Lauterbrunnen - Swiss

Lembah Lauterbrunnen - Swiss
Lembah Lauterbrunnen - Swiss
Lembah Lauterbrunnen yang berarti 'banyak mata air'. Nama tersebut diberikan karena banyaknya air terjun yang mengaliri lembah tersebut. Dilaporkan situs Amusing Planet, total ada 72 air terjun yang terdapat di lembah Lauterbrunnen ini. Beberapa di antaranya ada yang setinggi ratusan meter.

Lembah ini bukan saja sebagai lembah yang pemandangannya terindah tetapi juga merupakan lembah terbesar di Swiss. Lauterbrunnen berjarak sekitar 70 kilometer dari Bern, ibukota Swiss. Lauterbrunnen dikelilingi tebing kapur yang menjadi bagian dari gunung Eiger, Monch, dan Jungfrau.

Lembah yang memanjang sepanjang 27 kilometer yang dikelilingi oleh alam pegunungan yang indah setinggi 3.000 meter ini, konon merupakan salah satu inspirasi J.R.R. Tolkien, penulis trilogi filemThe Lord of The Rings dan The Hobbit saat menciptakan Rivendell, daerah kekuasaan Elrond yang dihiasi puluhan air terjun.

5. Lembah Ten Peaks - Kanada

Ten Peaks - Kanada
Lembah Ten Peaks - Kanada
Salah satu lembah terindah dan menakjubkan lainnya di dunia adalah Valley of Ten Peaks yang terletak di dalam taman nasional milik Kanada. Tepatnya di Taman Nasional Banff yang ada di Alberta. Kawasan tersebut dikelilingi perbukitan indah dan di kelilingi sepuluh puncak yang diselimuti salju. Di sana mengalir pula Danau Moraine yang memiliki air berwarna biru permai. Juga sebuah gletser yang pemandangannya tak kalah indah.

Lembah Ten Peaks merupakan lokasi wisata yang populer untuk mendaki, berkemah, dan fotografi. Danau Moraine membeku saat musim dingin tiba dan menjadi tempat yang ideal bagi yang menyukai olahraga ski.

6. Lembah Nubra - India

Lembah Nubra - India
Lembah Nubra - India
Nubra terletak di bagian utara kota Leh jaraknya sekitar 150 Km dari kota ini, ibu kota Ladakh, India dikelilingi pegunungan terjal yang disebut sebagai salah satu tempat terindah dan menakjubkan di muka bumi. Inilah Lembah Nubra yang disebut sebagai 'kulit kepala' India.

Wilayah ini sebenarnya terdiri dari dua lembah, yaitu Nubra dan Shyok. Dua sungai dari kedua lembah ini naik di tengah puncak dan palungan Karakoram yang terpencil.

Nubra memang cukup jauh untuk dijangkau dari perkotaan. Namun daerah ini juga dilalui jalan tertinggi di dunia yang bisa dijangkau dengan kendaraan bermotor. Khusus bagi warga asing untuk menuju ke lembah ini membutuhkan izin dari pemerintah setempat .

7. Lembah Harau - Indonesia

Lembah Harau, Sumatera Barat.
Lembah Harau atau Lembah Arau merupakan Yosemite-nya pulau Sumatera. Ngarai ini diapit dua tebing dengan ketinggian mencapai 150 meter. Letaknya di dekat Payakumbuh, Sumatera Barat.

Lembah Harau memiliki pemandangan yang terindah. Dengan hamparan sawah hijau serta air terjun yang mengalir dari ketinggian tebing. Sungai Batang Arai yang permai menambah keindahan lembah. Bahkan dunia pun takjub dengan pemandangan salah satu lembah terindah ini.

Demikian deretan 7 lembah dengan pemandangan terindah di dunia.


Baca juga:
5 Jenis Minuman Ini Bisa Membantu Anda Kurangi Lemak di Perut
4 Nenek Awet Muda Dan Tercantik Di Dunia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar