Responsive Ads Here

Minggu, 19 Agustus 2018

Inilah 6 Penyebab Tua Sebelum Waktunya

6 Hal Penyebab Tua Sebelum Waktunya
6 Hal Penyebab Tua Sebelum Waktunya
Inilah 6 Penyebab Tua Sebelum Waktunya -- Ketika masih muda mungkin kita tak membayangkan bagaimana jika kulit kita sudah memiliki kerutan, garis halus atau vlek. Sayangnya, banyak kebiasaan yang dilakukan ketika muda akan berdampak saat tua nanti.

Wajah yang awet muda pastinya membuat kita merasa yakin akan kesan diri yang kita tampilkan. Tapi bagaimana jika wajah kita sudah mengalami kerut – kerut dan keriput, padahal usia kita masih muda. Termasuk kebiasaan-kebiasaan buruk yang dilakukan, hingga makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Kita selalu berusaha memberikan perawatan terbaik agar kulit tetap tampak awet muda. Mulai dari treatment, pemakaian skin care, dan lain-lain. Siapa sih yang mau terlihat lebih tua daripada umur sebenarnya? Namun tua sebelum waktunya tetap saja menghantui karena tanpa di sadari ada hal-hal kecil yang terlewatkan yang menyebabkan early aging.

Dermatolof Dr. Debra Jaliman, MD menyebutkan setidaknya enam hal yang membuat seseorang akan cepat tua. Termasuk kebiasaan-kebiasaan buruk yang dilakukan, hingga makanan atau minuman yang dikonsumsi.

1. Pola makan

Menurut Jaliman, terlalu banyak konsumsi gula dapat memberikan efek negatif pada kulit dari waktu ke waktu. "Gula akan mengikat kolagen dan mengeraskannya, sehingga membuat kulit lebih cepat mengalami penuaan," ujrnya.

2. Terlalu banyak alkohol

Alkohol dapat membuat kulit dehidrasi ,memperbesar pembuluh darah di kulit, mempengaruhi kandungan garam dalam tubuh, juga mempengaruhi proses regenerasi sel. Kondisi kulit yang dehidrasi akan tampak lebih tua. Selain itu, rosacea atau ruam wajah akan lebih parah.

3. Sarung bantal

Kulit ternyata beregenerasi setiap malamnya. Jadi, penting bagi kita untuk memiliki tidur yang berkualitas. Tidur menyamping menimbulkan kerutan pada wajah karena biasanya garis lipatan yang terbentuk di sarung bantal akan membekas pada kulit wajah. Jika berlangsung setiap hari dan anda tidur pada sisi wajah yang sama, bukan tidak mungkin menimbulkan kerutan permanen di wajah.

Jaliman menyarankan penggunaan bantal satin, sehingga kulit tidak tergesek sarung bantal. Hal ini, kata dia, bisa mengarah pada munculnya kerutan di wajah ketika kita menengok kanan dan kiri di malam hari.

4. Berjemur

Paparan jangka panjang sinar ultraviolet (UV) dari matahari akan melemahkan sel-sel kulit dan pembuluh darah Anda. Hal inilah yang menyebabkan kulit yang terlihat seperti kulit kecokelatan. Jika suka berjemur, gunakan tabir surya sepajang waktu. Kerusakan kulit yang ditimbulkan sinar matahari bersifat kumulatif. Bahkan paparan hanya selama 10 menit saja bisa menimbulkan dampak berkepanjangan yang memunculkan masalah besar dan penuaan kulit berlangsung lebih cepat.

Masalah yang sering timbul ketika kamu tidak menggunakan tabir surya yaitu flek hitam hingga keriput di ujung mata yang disebabkan oleh kolagen yang mengatur elastisitas kulit menjadi rusak. Pastikan penggunan tabir surya yang tepat di sekujur tubuh yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar UVA (yang masuk ke dalam pori-pori kulit) dan UVB (yang membakar kulit).

5. Merokok

Merokok sama sekali tak memiliki efek baik, termasuk bagi kulit. Seperti telah diketahui, rokok mengandung racun yang bernama nikotin. Selain akan meresap ke dalam tubuh lewat asap rokok, juga ada akibat lain yang ditimbulkan rokok yaitu kulit wajah akan cepat menjadi keriput.

"Penting untuk menghindari asap rokok karena merokok bisa menurunkan suplai darah ke kulit dan menyebabkan kerutan pada wajah secara umum," kata Jaliman.

6. Polusi udara 

Polusi udara juga dapat merusak kulit kita. Itulah mengapa, terlalu banyak paparan polusi memiliki dampak buruk. Pada malam hari pasti kita ingin langsung tidur saja dan tidak terpikir untuk membersihkan muka. Kebiasaan ini dapat menyebabkan penuaan dini pada wajah, karena kotoran dan debu bertumpuk di kulit wajah, menyumbat pori-pori dan bisa membuat wajah menjadi berjerawat juga.

Jaliman menyarankan untuk melakukn eksfoliasi kulit setiap malam menggunakan kain basah untuk menghilangkan kotoran dan sel kulit mati.

Kita juga disarankan untuk menggunakan produk perawatan kulit yang kaya antioksidan. Antioksidan mampu memerangi radikal bebas dari agresor lingkungan, seperti polusi.


Baca Juga:
7 Alasan Mengapa Nyamuk Mengincar Anda
Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar