Responsive Ads Here

Kamis, 25 Oktober 2018

Manfaat Makan Ikan Bagi Kesehatan

Manfaat Makan Ikan Bagi Kesehatan
Manfaat Makan Ikan Bagi Kesehatan
Sudah bukan rahasia lagi bahwasannya ikan merupakan makanan yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, makan ikan selalu dianjurkan bagi setiap orang terutama untuk kalangan anak-anak, ikan mengandung sumber protein, vitamin D serta gizi lainnya seperti lemak baik, vitamin A asam lemak omega-3 dan yang lainnya.

Di Indonesia sendiri ibu Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan tak henti-hentinya menghimbau masyarakat untuk gemar mengkonsumsi daging ikan, himbauan tersebut bukanlah tanpa alasan karena dengan rajin makan ikan banyak manfaat yang bisa dipetik salah satunya adalah bisa meningkatkan kecerdasan otak.

Oleh karena itu daging ikan selalu dianggap lebih menyehatkan ketimbang daging sapi ataupun unggas, terutama untuk melawan penyakit serius dalam jangka panjang.

1. Mencegah Alzheimer

Alzheimer merupakan penyakit yang biasa menyerang organ otak, orang yang berusia diatas 60 an rentan terhadap penyakit ini, bisa menyebabkan degenerasi sel otak dengan cepat yang berakibat orang tersebut kehilangan sebagian ingatannya, kehilangan keseimbangan tubuh, kebingungan, mudah depresi dan lainnya.

Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa dengan rajin mengkonsumsi daging ikan secara teratur bisa mencegah degenerasi sel otak dengan cepat yaitu dengan memperbaiki materi abu-abu pada otak, sehingga bisa mencegah datangnya serangan Alzheimer.

2. Mengurangi Risiko terkena Penyakit Jantung

Jantung merupakan organ tubuh yang sangat vital oleh karena itu mesti di rawat dengan baik, penyakit ringan yang menyerang jantung dapat berakibat fatal.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal Of Cardiology mengatakan bahwa kandungan asam lemak omega-3 dalam daging ikan dapat menjaga kesehatan organ jantung dengan mengurangi pembekuan darah dan menurunkan tekanan darah.

3. Mencegah Depresi

Merupakan penyakit serius yang dapat menyerang mental seseorang, perubahan kimia yang terjadi pada otak bisa menimbulkan berbagai macam gejala seperti rasa sedih yang berlarut dan ekstrem, kelelahan bahkan membuat penderita ingin melakukan bunuh diri. Berdasarkan sebuah penelitian mengungkapkan bahwa minyak yang terkandung dalam ikan dapat membantu gejala depresi, ketika mengkonsumsi ikan ada pelepasan hormon serotonin yang mampu melawan rasa panik,cemas ,strees bahkan mampu menahan emosi.

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Untuk menjaga tulang tetap sehat dan meningkatkan fungsi otak diperlukan berbagai nutrisi diantaranya vitamin D, protein,vitamin, mineral dan ternyata zat-zat tersebut sudah lengkap tersedia dalam kandungan daging ikan. Mengkonsumsi ikan secara teratur dapat meningkatkan kesehatan pada tulang karena kandungan vitamin D nya sangat baik.

5. Meningkatan Kesehatan Mata

Pada jaman sekarang ini penggunaan gadget elektronik tak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari, hal ini memicu fungsi penglihatan dipaksa bekerja lebih keras yang bisa menyebabkan masalah pada mata seperti kekeringan pada mata, penglihatan menjadi kabur, astigmatisme dan gatal. Kandungan omega-3 pada ikan terbukti dapat memberikan asupan nutrisi pada otot dan saraf mata yang dapat menjaga kesehatan pada mata.

6. Mengobati Penyakit Rematik

Penyakit Rematik atau bahasa latinnya Rheumatoid arthritis, biasanya penyakit ini menyerang orang yang berusia diatas 55 tahun dengan gejala persendian dan otot meradang serta menghambat pergerakan tubuh karena sendi dan otot menjadi kaku, Omega-3 dan vitamin E tinggi yang terkandung dalam ikan dapat membantu mengurangi gejala Rematik tersebut.

7. Menurunkan Risiko Kanker

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal American Journal Of Clinical Nutrition menjelaskan bahwa dengan menambahkan menu ikan dalam program diet anda setiap hari bisa membantu mengurangi risiko berbagai jenis kanker diantaranya kanker usus besar, kanker mulut, kanker pangkreas, kanker tenggorokan dan lain-lain. Lagi-lagi lemak Omega 3 mampu mencegah perkembang biakan sel kanker.


Baca Juga:
Inilah 6 Penyebab Tua Sebelum Waktunya
5 Cara Atasi Gatal Akibat Di Gigit Nyamuk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar