Responsive Ads Here

Minggu, 04 November 2018

3 Hacker Termuda yang Menggegerkan Dunia

Kegiatan hacking atau peretasan biasanya dilakukan oleh orang yang sudah beranjak remaja atau dewasa, pasalnya kegiatan ini membutuhkan kemampuan khusus yang ditopang dengan kecerdasan demi menemukan celah dalam sebuah sistem.

Namun siapa yang menduga beberapa hacker ini tercatat melakukan aksinya pada usia yang masih sangat belia. Bahkan diantaranya dinobatkan sebagai hacker termuda didunia.

1. Kristoffer Von Hassel

Kristoffer Von Hassel
Kristoffer Von Hassel

Kristoffer Von Hassel, seorang bocah baru berusia 5 tahun asal San Diego, AS, mampu menembus sistem keamanan password Xbox Live besutan Microsoft, kabar tersebut sempat menghangat menjadi pembicaraan publik di tahun 2014.

Saat itu anak lelaki pasangan Robert Davies dan Jill Nyahay ini ingin bermain video game Xbox milik akun Robert, ayahnya, namun sebelumnya Robert mengunci akunnya itu untuk mencegah anaknya memainkan game yang tidak sesuai dengan umurnya.

Namun Kristoffer penasaran dengan game tersebut, dia mencoba mengakses akun ayahnya dan apa yang dia lakukan membuahkan hasil. Orang tuanya tidak pernah tahu kalau Kristoffer sering log in ke akun Xbox Live milik ayahnya tanpa menggunakan password, dan alangkah terkejutnya sang ayah saat mengetahui saat anaknya bisa bermain game yang sudah ia kunci.

Penasaran dengan apa yang dilakukan anaknya Robert pun meminta Kristoffer untuk menjelaskan cara membuka password dari video game tersebut. Kristoffer menjelaskan pertama-tama ia membuka akun milik ayahnya dengan memasukkan password sembarang kemudian sistem Xbox Live akan merespon dengan meminta memasukkan kode verifikasi, dititik inilah letak celah keamanan yang dimanfaatkan Kristoffer, yaitu dengan mengetikkan tombol spasi berulang dan kemudian menekan tombol enter.

Setelah kejadian tersebut sang ayah segera melaporkannya kepada pihak tim pengamanan Microsoft yang mana sistemnya telah berhasil diretas oleh anaknya, dan Microsoft pun bergegas memperbaiki kelemahan tersebut.

Hal tersebut memunculkan kesimpulan bahwa sistem keamanan Microsoft masih banyak celah yang memungkinkan berbagai peretasan walau terbilang sederhana. Hal ini membuat pihak Microsoft merasa takjub terhadap bocah 5 tahun tersebut dan menobatkan Kristoffer sebagai salah satu peneliti keamanan yang telah membantu Microsoft. Tidak hanya itu Microsoft juga memberikan hadiah kepada hacker termuda ini dengan berbagai game menarik, uang tunai, juga memberikan akun gratis Xbox Live selama satu tahun.

2. Betsy Davies

Betsy Davies
Betsy Davies

Betsy Davies, seorang gadis belia berumur 7 tahun asal London, Inggris, mampu meretas hotspot WiFi dalam waktu kurang dari 11 menit. Adapun Davies melakukan peretasan tersebut karena menjadi sukarelawan dari sebuah uji coba sistem keamanan yang diselenggarakan oleh salah sebuah perusahaan penyedia layanan VPN (Virtual Private Network). Ia didampingi oleh salah seorang pakar keamanan internet Inggris, Marcus Dempsey.

Dari hasil percobaan tersebut Dempsey mengingatkan pentingnya membimbing anak saat menggunakan teknologi agar bisa memanfaatkan ilmunya untuk tujuan yang baik, jangan sampai terseret ke dalam lembah dunia hitam hacker.

Lalu bagaimana Davies meretas hotspot WiFi tersebut, rupanya dia mengandalkan sebuah video tutorial hacking secara online yang begitu banyak tersebar di internet. Di situs Youtube saja ada sekitar 14 ribu video yang membahas tentang tata cara meretas hotspot. Berbekal pengetahuan dari tutorial tersebut Davies mulai melancarkan serangan yang disebut man in the middle dengan menggunakan Acess Point palsu , dari situ baru mulai melacak trafik perangkat korban.

Serangan seperti ini memungkinkan hacker bisa menjaring berbagai informasi data penting dari lalulintas trafik yang dilakukan komputer korban dalam jaringan wifi tersebut, seperti data akun email, rekening bank dan lain-lain. Namun Davies tak punya niat untuk melakukan itu.

3. Cy-Fi
Cy-Fi
Cy-Fi

Cy-Fi merupakan nama samaran dan tidak diketahui nama aslinya, adalah sorang gadis belia berusia 10 tahun, diusia tersebut dia mampu meretas berbagai game iPhone maupun Android. Dimulai dari rasa bosannya saat harus menunggu tanaman tumbuh dalam sebuah game untuk mendapatkan reward. Disaat itulah ia memulai aksi hackingnya dan berhasil membuat tanaman jagung tumbuh lebih cepat dan tak menunggu lama lagi untuk memainkan game yang ia inginkan, hal ini dilakukannya di tahun 2011 silam dalam acara Defcon Kids. Diketahui game-game yang diretasnya kebanyakan adalah game yang berbasis waktu.

Ia tergolong kedalam kelompok hacker yang memanfaatkan ilmunya untuk kebaikan atau lebih dikenal dengan sebutan White Hacker. Terbukt ia telah membantu perusahaan memecahkan berbagai permasalahan dalam sistem keamanan mereka. Bahkan CyFi tercatat sebagai hacker termuda yang mampu menemukan 'cacat' pada banyak game iPhone dan Android. Saat diusia 12 tahun pun ia sudah bisa menemukan bug atau celah pada smart TV Samsung.


Baca Juga:
Cara Mendapatkan Uang dari Internet
7 Lembah dengan pemandangan terindah di dunia

1 komentar:

  1. Mana nih yang suka nge-game kalian udah pada denger belum,ada game yang seru banget nih buat ngisi waktu luang kamu di saat libur sekolah atau kerja.
    Game nya buat kita greget karena begitu seru dan asyiik buat dimainin apalagi kini aplikasi MOJOPAHIT LEGENDS sudah ada di Google Play Store,tinggal download dan install sekarang.
    Jangan lupa download dan install aplikasi game terbaik namanya MOJOPAHIT LEGENDS...
    Enjoy guys buat mainin game terbaik di Handphone kamu...

    BalasHapus