Responsive Ads Here

Senin, 13 Agustus 2018

3 Cara Ampuh Mengusir Tikus dari Rumah

3 Cara Ampuh Mengusir Tikus dari Rumah
3 Cara Ampuh Mengusir Tikus dari Rumah
Tikus merupakan salah satu hama yang menjadi musuh rumah tangga. Keberadaan tikus di rumah tentu sangat mengganggu. Hal itu karena tikus seringkali mencuri makanan, merusak barang-barang di rumah, bahkan membuang kotoran di sembarang tempat. Tidak hanya memakan makanan yang tergeletak di meja saja. Bahkan di beberapa kasus, tikus sering makan kabel, sabun, pakaian, dan lain sebagainya.

Di Indonesia, setidaknya ada tiga jenis tikus yang hidup di sekitar rumah, yaitu tikus got (rattus norvegicus), tikus rumah atau tikus atap (ratus rattus), dan mencit rumah (mus musculus). Meski berbeda, dari ketiga jenis tikus ini yang berbeda hanya dalam hal ukuran tubuh namun memiliki kemiripan dalam hal penampilan.

Kemampuan beradaptasi 
Tikus merupakan binatang dengan tingkat kemampuan adaptasi tinggi. Binatang ini dapat bertahan hidup di area dengan radiasi tinggi serta mampu membangun kekebalan tubuh terhadap sejumlah jenis racun. Kemampuan bereproduksi yang tinggi membuat hewan pengerat ini mampu berkembang biak dengan sangat cepat. Dalam setahun saja, satu ekor tikus mampu beranak pinak hingga lima kali , dengan 6-10 anak per kehamilan. Pada usia tiga bulan, anak tikus sudah matang untuk bereproduksi.

Selain itu hewan ini juga bisa menularkan berbagai macam penyakit seperti pes, leptospirosis, diare, demam, bahkan keracunan makanan. Kuman penyakit di kotoran tikus yang sudah mengering pun mampu menyebar dan menempel pada makanan rumah.

Oleh sebab itu, menjaga rumah dari "serangan" tikus adalah hal yang wajib dilakukan. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan rumah khususnya di bagian dapur dan taman belakang. Setiap malam, upayakan untuk membuang sampah ke luar rumah dan jangan sampai ada yang tertinggal.

Makanan yang masih tersisa dimasukkan ke dalam lemari saja atau tempat penyimpanan yang tertutup untuk menjaga ruangan tetap bersih dan tidak mengundang perhatian hewan pengganggu seperti tikus dan kecoak.

Untuk lebih jauh berikut 3 Cara Ampuh Mengusir Tikus dari Rumah

1. Memelihara hewan pemangsa 

Di pedesaan, sangat mudah menemukan hewan pemangsa tikus seperti kucing, musang, burung hantu maupun ular sawah. Namun, di perkotaan, di mana lingkungan tempat tinggal sangat padat penduduk, hewan-hewan pemangsa tikus ini agak sulit ditemukan. Namun anda masih bisa memelihara hewan seperti kucing sebagai pemangsa di dalam rumah. Untuk menekan laju populasi tikus.

2. Amonia 

Tikus tak tahan dengan bau amonia. Amonia merupakan bahan kimia yang terdapat di urin predator binatang pengerat ini. Jadi, ketika tikus mencium bau amonia, maka mereka berpikir bahwa bau tersebut adalah tanda adanya pemangsa.

Tempatkan dua sendok makan deterjen dan segelas air ke dalam sebuah wadah. Letakkan wadah tersebut di tempat tikus biasanya muncul, seperti di bawah lemari, meja, atau di bawah tempat tidur.

Bisa juga menggunakan bahan selain amonia seperti peppermint oil, lada, cabai rawit, atau cengkeh. Perlu diperhatikan, strategi ini hanya bisa dilakukan sementara. Ketika tikus menyadari bahwa amonia yang tercium bukanlah dari binatang predator, maka mereka akan kembali lagi ke tempat yang sama.


3. Gunakan steel wool (baja halus) 

Kemampuan adaptasi tikus yang sangat tinggi memungkinkan kedua cara di atas gagal. Tikus dapat masuk ke dalam rumah melalui lubang yang sangat kecil sekalipun. Menutup lubang jalan masuk bisa jadi lebih efektif.

Pastikan Anda mengetahui dari mana tikus ini masuk ke dalam rumah. Gunakan baja halus atau steel wool untuk menutup lubang tersebut di dalam rumah. Bahan ini sering digunakan untuk membersihkan perabot dari kaca dan logam. Tempelkan baja halus pada lubang yang biasa dimasuki binatang pengerat ini. Serat baja yang halus sangat sulit untuk ditembus oleh gigi tikus.  Anda juga bisa memasang jebakan tikus pada lubang-lubang tersebut.



Baca juga:
Hilangnya Gambar Porno di Mesin Pencari Internet
4 Rahasia Kulit Cerah Wanita Jepang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar