Responsive Ads Here

Kamis, 18 Oktober 2018

Inilah 4 Jet Tempur Termahal di Dunia

Mempertahankan kedaulatan suatu negara adalah suatu keharusan bagi warganya, untuk itu dibutuhkan perlengkapan atau alutsista yang memadai untuk menjaga kedaulatan tersebut. Karena tuntutan jaman yang semakin lama semakin canggih di bidang teknologi maka untuk mengimbanginya dibutuhkan pula alutsista yang serba canggih yang tentunya harganya pun tidak murah.

Jet tempur merupakan alutsista terpenting untuk menjaga kedaulatan udara sebuah negara terutama untuk memantau daerah perbatasan baik yang didaratan ataupun laut. Setiap negara pasti berkeinginan untuk memiliki pesawat tempur yang dilengkapi dengan teknologi dan senjata tempur canggih, namun karena alasan ekonomi lah banyak yang tidak bisa mewujudkan keinginannya itu. Berikut adalah beberapa jet tempur canggih dengan harga selangit tersebut.

1. F/A-18E/F Super Hornet

F/A-18E
F/A-18E

F/A-18 Super Hornet merupakan pesawat tempur supersonik yang memiliki mesin ganda dirancang untuk bertempur dan menyerang, pesawat ini serbaguna bisa dioperasikan dari dan ke kapal induk dalam kondisi cuaca apapun. Inisial F/A adalah fighter (tempur) dan attack (serang).

Super Hornet melakukan penerbangan perdananya pada tahun 1995, awalnya diproduksi oleh McDonnell Douglas, namun mulai diproduksi secara penuh pada bulan september 1997 setelah perusahaan ini bergabung (merger) dengan Boeing. Saat ini memiliki dua versi meliputi F/A-18E (satu kursi) dan F/A-18F (dua kursi).

Boeing F/A-18E/F Super Hornet merupakan pesawat tempur dan penyerbu yang memperkuat pasukan Agkatan Laut AS. Pesawat ini ditaksir harganya mencapai US$65 juta atau sekitar Rp 968 miliar dengan acuan kurs rupiah Rp 14.897.

2. Eurofighter Typhoon

Eurofighter Typhoon
Eurofighter Typhoon

Merupakan pesawat tempur multi peran dengan dibekali mesin ganda dengan desain sayap delta dan sayap kanard serta pergerakan yang super lincah, dibuat dan dirancang oleh sebuah kerjasama antar beberapa negara eropa (Inggris,Italia,Jerman dan Spanyol). Karena faktor kelincahan , fasilitas stealth dan sistemnya yang serba modern pesawat ini dipandang sebagai pesawat tempur hebat. Beberapa negara yang melengkapi alutsistanya dengan pesawat canggih ini diantaranya Inggris, Jerman, Italia, Spanyol, Austria dan Arab Saudi.

Eurofighter merupakan pesawat multi fungsi yang kelasnya mungkin bisa disetarakan dengan keluarga SU-27 Flanker dari Russia ataupun F-15 Eagle dari AS. Jika dilihat dari spesifikasi teknisnya dapat disimpulkan bahwa pesawat ini merupakan salah satu yang tercanggih di kelasnya, dengan dapur pacu dua mesin Eurojet EJ200 mampu melesatkan pesawat ini hingga Mach 2, selain itu pesawat ini mampu terbang diatas kecepatan suara dengan membawa persenjataan secara konstan tanpa menggunakan afterburner.

Harga pesawat tempur Eurofighter Typhoon ditaksir US$ 98 juta atau sekitar Rp 1,4 triliun dengan kurs rupiah 14,897.

3. F-35 Lightning II

 F-35 Lightning II

Merupakan pesawat jet tempur supersonik yang memiliki mesin tunggal dan kursi tunggal, banyak peran yang bisa dilakukan pesawat ini diantaranya pertempuran dari udara ke udara, serangan ke permukaan, dukungan jarak dekat serta pengeboman taktis.

F-35 Lightning II adalah hasil pengembangan dari pesawat X-35 merupakan pesawat tempur generasi ke-5 yang dikembangkan serta diproduksi oleh perusahaan kedirgantaraan yang dipimpin oleh  Lockheed Martin beserta dua rekannya, BAE Systems dan Northrop Grumman, Amerika.

Pesawat super canggih ini memiliki kapabilitas 'stealth' tidak terlihat di radar musuh, mampu lepas landas dan mendarat dengan landasan pacu yang pendek, jumlah persenjataan yang dibawanya pun lebih banyak ketimbang pesawat-pesawat tempur generasi sebelumnya seperti F-16 dan F-18. Harganya pun selangit tidak tanggung- tanggung per unitnya dibandrol seharga US$ 120 juta atau Rp 1,7 triliun dengan kurs rupiah 14,897.

4. F-22 Raptor

F-22 saat menjatuhkan bom
F-22 saat menjatuhkan bom

Lockheed Martin F-22 Raptor adalah pesawat jet tempur siluman buatan Amerika Serikat dengan kursi tunggal dan mesin gandanya yang mampu menghasilkan dorongan yang luar biasa untuk pesawat hingaa mampu terbang dengan kecepatan 2,2 Mach. Pesawat ini juga dilengkapi dengan peralatan untuk serangan darat, sinyal intelijen dan peperangan elektronik.

F-22 mampu bermanuver dengan sangat baik pada kecepatan supersonik ataupun subsonik, penggunaan pengarah daya dorong membuat pesawat ini bisa berbelok dengan sudut yang tajam dan melakukan manuver ekstrem.

Radar pesawat ini konon mampu mendeteksi pesawat musuh sejauh 200 km, senjatanya pun tersimpan di dalam badan pesawat sehingga tidak memerlukan permukaan tambahan. Tidak tanggung-tanggung harga jual pesawat F-22 juga terbilang fantastik dibandrol seharga US$ 150 juta perunit atau sekitar Rp 2,2 triliun dengan kurs rupiah 14,897.


Baca Juga:
7 Hewan Langka Yang Hanya Ada Di Indonesia
Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar