Responsive Ads Here

Rabu, 08 Agustus 2018

Cara Melakukan Video Call Group 4 Orang Bersamaan di WhatsApp

Cara Melakukan Video Call Group 4 Orang Bersamaan di WhatsApp
Cara Melakukan Video Call Group 4 Orang Bersamaan di WhatsApp

Setelah sekitar dua bulan masa percobaan, fitur group video calling di Whatsapp kini dirilis secara global, termasuk pengguna di Indonesia. Pengguna sudah bisa menikmati percakapan video dengan pengguna lain hingga sebanyak empat partisipan.

"Group Video Calling akan menjadi cara baru untuk orang-orang terhubung secara privat dengan teman dekat, grup hingga bisnis," ungkap Zuckerberg.

Sama seperti fitur chat yang dimiliki WhatsApp, pada group video calling ini panggilan pengguna akan dienkripsi.

Untuk menggunakan fitur ini, caranya sangat mudah. Pertama, pengguna tentu harus mengunduh update WhatsApp terbaru baik dari Google Apps Store maupun Apple Play Store. Kemudian pengguna harus melakukan panggilan video terlebih dahulu pada rekannya. Setelah terhubung, maka akan muncul ikon bertanda + pada bagian pojok kanan atas.

Ikon inilah yang bisa digunakan untuk menambah partisipan dalam video call tersebut. Jika Anda mengetuk ikon ini, maka Anda diminta untuk memilih siapa yang ingin diajak bergabung dengan group video calling hingga maksimal empat partisipan. Namun perlu diingat, partisipan yang bisa Anda ajak bergabung hanya yang nomornya sudah tersimpan di daftar kontak Anda.

Ketika sudah ada dua atau tiga orang masuk dalam obrolan, penerima video call lainnya bisa melihat foto profil, nomor atau nama partisipan yang sudah bergabung. Sehingga penerima video call lain yang diundang bisa menentukan apakah ingin bergabung atau tidak.

WhatsApp sendiri pertama kali merilis fitur video call pada 2016 lalu. Namun kala itu, fitur ini baru bisa digunakan hanya oleh dua partisipan.

Video Call dengan 4 orang
Video Call dengan 4 orang

WhatsApp juga merilis fitur group voice calling secara bersamaan. Cara penggunaannya pun tak ada bedanya, serupa dengan group video calling. Pihak WhatsApp juga menjamin keamanan dari kedua fitur ini. Seluruh panggilan ini baik video maupun suara juga akan dienkripsi sehingga akan sulit untuk diretas.

Kedua fitur ini sejatinya telah diumumkan langsung oleh CEO Facebook, Mark Zuckerberg dalam agenda developer tahunan "F8" pada awal Mei lalu. Ia mengatakan bahwa fitur ini diharapkan bisa membuat orang-orang terhubung dengan teman-teman dekatnya.

Kedua fitur ini sejatinya telah diuji coba selama beberapa minggu belakangan. Dengan adanya fitur ini diharapkan WhatsApp dapat bersaing dengan aplikasi pesan instan lainnya seperti Skype maupun Line.


Baca juga:
10 Aplikasi Penyebab Borosnya Baterai Android
Cara Hemat Kuota Internet pada Android

Tidak ada komentar:

Posting Komentar