Responsive Ads Here

Senin, 23 Juli 2018

Kesederhanaan Hidup Seorang Mark Zuckerberg

Kesederhanaan Hidup Seorang Mark Zuckerberg
Mark bersama istri lagi jalan

Di tahun 2017, CEO Facebook Mark Zuckerberg majalah finansial Forbes mencatatkan namanya sebagai orang kelima terkaya di dunia. Pada saat itu kekayaannya diperkirakan sebesar Rp 700 triliun. Berkat situs media sosial ciptaannya, lelaki 34 tahun ini pun bergelimang harta.

Meski begitu, sosok Zuckerberg justru lebih dikenal dengan kesederhanaannya.Terkadang terbersit dalam pikiran bagaimana Zuckerberg menggunakan semua kekayaannya itu, padahal nampaknya dia tak punya selera berlebihan dalam hal mobil, pakaian, atau bepergian.

Pada Mei 2012, atau delapan tahun setelah berdiri, Facebook memulai debutnya di lantai bursa New York dan langsung mencatat IPO terbesar perusahaan teknologi dalam sejarah. Lalu setahun setelah "melantai" di bursa saham, kekayaan yang diterima Zuckerberg bertambah menjadi 9 miliar dolar atau Rp 122 triliun setahun.

Penampilannya Biasa saja

Meski tercatat sebagai salah satu orang terkaya didunia, Zuckerberg tetap mempertahankan gaya hidup sederhananya bersama istri dan kedua putrinya. Adapun salah satu ciri khas penampilan sederhana Zuckerberg adalah T-shirt polos abu-abu yang nyaris selalu digunakan ke mana-mana, celana jeans, dan sepatu skate. Alasannya ternyata sederhana, dia tidak ingin waktunya terbuang sia-sia untuk memilih pakaian ketika hendak berangkat kerja.

Meski terlihat sederhana kaos itu ternyata dirancang oleh sebuah perusahaan ternama dengan harga mencapai ratusan bahkan ribuan dolar. Saat bulan madu bersama istrinya, Priscilla Chan, Zuckerberg juga gak segan-segan makan di restoran McDonald.

Mobil yang digunakan Zuckerberg yaitu Honda Acura TSX, sebuah hatchback Volkswagen, dan sebuah Honda Fit yang ketiganya bernilai kurang dari 30.000 dolar AS atau sekitar Rp 400 juta.
Kesederhanaan Hidup Seorang Mark Zuckerberg
Mark Zuckerberg saat makan malam dengan sebuah keluarga di kota Newton Falls.
Kesederhanaan Hidup Seorang Mark Zuckerberg
Kendaraan biasa saja


Urusan Property

Untuk orang sekelas Mark, dia bisa saja membeli rumah dengan harga ratusan milyar yang dilengkapi fasilitas super mewah. Namun, hal itu tidak dilakukannya.

Pada Mei 2011 dia membeli sebuah rumah di Palo Alto seluas hampir 500 meter persegi seharga 7 juta USD. Setahun kemudian dia membeli empat rumah di sekitar kediamannya seharga 30 juta USD dan berencana merenovasi rumah-rumah tersebut. Rumah milik Mark itu tergolong sederhana, memiliki 5 kamar, ruang kerja, kolam renang, dan halaman kecil. Dia sengaja membeli rumah itu dengan alasan karena dekat dengan lokasi kantornya.

Mark ternyata juga memiliki sebuah townhouse di Distrik Mission, San Fransisco yang dibelinya pada 2013, butuh 1 juta dolar untuk merenovasi rumah tersebut.

Pada 2014, Zuckerberg membeli dua buah properti di Pulau Kauai, Hawaii, yang bernilai 100 juta USD. Keduanya berupa Perkebunan Kahu'aina seluas 144 hektar dan Pila'a Beach dengan luas 159 hektar.
Kesederhanaan Hidup Seorang Mark Zuckerberg
Rumahnya pun sederhana


Suka Beramal

Sebagai anggota dari organisasi Giving Pledge dan pendiri Chan Zuckerberg Initiative, bersama sang istri, Priscilla Chan, pria yang dropout dari Harvard ini lebih banyak menghabiskan uangnya untuk urusan amal.

Sebagai salah satu anggota organisasi Giving Pledge, bersama Bill Gates, Warren Buffett, dan lebih dari 100 miliuner lainnya yang berjanji menyumbangkan sebagian besar kekayaan mereka untuk kepentingan sosial. Zuckerberg sendiri berencana akan menjual 99 persen saham miliknya di Facebook dalam masa hidupnya.

Zuckerberg berencana mempercepat penjualan sahamnya untuk mendanai The Chan Zuckerbergh Initiative, lembaga amal yang didirikannya bersama sang istri pada 2015. Rencananya akan menjual 35-75 juta saham dengan nilai total antara 6-12 miliarUSD selama 18 bulan ke depan.

Lembaga ini memfokuskan diri dalam hal pembelajaran personal, menyembuhkan penyakit, mempersatukan orang, dan membangun komunitas yang kuat. Lembaga ini menangani berbagai isu baik lokal maupun global.


Baca Juga: Cara Menon-aktifkan Fitur 'Autoplay' di Facebook

Tidak ada komentar:

Posting Komentar