Responsive Ads Here

Kamis, 23 Agustus 2018

5 Artis Indonesia yang menanggalkan status WNI

5 Artis Indonesia yang menanggalkan status WNI -- Menjadi warga negara Indonesia ternyata tak selalu diminati. Bahkan, ada beberapa warga negara yang lahir di Indonesia namun lebih memilih untuk pindah kewarganegaraan. Berbagai macam alasan menjadi penyebabnya. Beberapa nama artis Indonesia juga tercatat memilih untuk tidak menjadi warga negara Indonesia. Beberapa kepentingan menjadi alasan kenapa akhirnya mereka memilih untuk tidak berpaspor Indonesia.

Status kewarganegaraan memang dinilai begitu penting bagi seseorang. Di samping sebagai identitas, ternyata kewarganegaraan juga dinilai memiliki andil yang besar dalam menentukan karier Internasional yang akan diraih seseorang.

Merasa status berkewarganegaraan Indonesia kurang mendukung dalam pencapaian karier di kancah internasional, 5 artis Indonesia yang menanggalkan status WNI. Siapa sajakah lima selebriti tersebut?

1. Anggun C Sasmi

Anggun Cipta Sasmi
Anggun Cipta Sasmi
Keputusan Anggun Cipta Sasmi untuk meninggalkan status kewarganegaraan Indonesia sempat membuat kecewa banyak pihak. Kendati demikian, Anggun pun telah membulat tekadnya untuk memiliki kewarganegaraan Perancis.

Mengubah kewarganegaraan menjadi Perancis, dilakukan Anggun demi mengikuti pria yang saat itu menjadi suaminya, Cyril Contana. Selain itu, Anggun merasa akan lebih mudah untuk memperluas karier bernyanyi di mancanegara.

Nama Anggun C Sasmi tentu sudah sangat dikenal publik Indonesia. Merintis karir di Indonesia hingga dikenal, Anggun akhirnya memilih go international ke Eropa, tepatnya Perancis. Anggun lahir dari Darto Singo, seorang seniman Indonesia dan Dien Herdina, seorang perempuan yang masih kerabat Keraton Yogyakarta.

Mengawali kariernya dengan tampil di panggung Ancol di usia 7 tahun, Anggun kemudian merekam album anak-anak 2 tahun kemudian. Di bawah bimbingan Ian Antono, Anggun memulai debutnya di Indonesia di tahun 1986 melalui album Dunia Aku Punya.

Seperi diketahui, sejak 1994 silam,penyanyi berdarah Jawa ini meninggalkan Indonesia dan mulai berkarier di kancah dunia untuk mewujudkan impiannya menjadi artis bertaraf internasional.  Dengan bantuan seorang komposer besar Perancis ,Erick Benzi, , pada tahun 1997, Album pertamanya yang bertajuk Snow on the Sahara pun berhasil dirilis di lebih dari 33 negara di Dunia.

2. Kristania Virginia Besouw 

Kristania Virginia Besouw
Kristania Virginia Besouw
Kristania Virginia Besouw dikenal sebagai jawara Miss Indonesia 2006. Sampai akhirnya, wanita asal Manado ini menghebohkan dunia entertainment dengan keputusannya untuk menanggalkan statusnya sebagai warga Negara Indonesia. Keputusan Virginia yang memilih untuk menjadi warga Negara Amerika Serikat disebabkan oleh berbagai alasan. Alasan utamanya, karena Kristy sudah bergabung dengan US Army di Amerika Serikat.

Menjadi bagian dalam tentara Amerika Serikat nampaknya merupakan keinginan besar milik Kristania. Ia pun begitu menekuni profesinya itu. Tak hanya itu, setelah menikah dengan dokter asal Filipina, ia dan suami memutuskan untuk berkarir di Amerika Serikat. Walaupun berpindah warga Negara, Kristy mengaku tetap menjadi gadis Manadonese.

3. Cinta Laura

Cinta Laura
Cinta Laura
Hal yang sama terjadi pada Cinta Laura ketika ditanya mengenai alasan pindah kewarganegaraan. Ia mengaku bahwa dirinya ingin lebih mudah mendapat akses visa untuk bepergian ke luar negeri dalam rangka mewujudkan impian kariernya go internasional.

Nama artis penyanyi Cinta Laura memang dikenal sebagai penyanyi berdarah campuran. Namun Cinta kerap nyanyi dan promo di Indonesia. Sempat beredar bahwa Cinta Laura akan memiliki kewarganegaraan ganda jika dia mampu memiliki prestasi dan mengharumkan nama Indonesia. Tetapi, pada umurnya yang ke 21 tahun, cinta justru memilih untuk berkewarganegaraan Jerman, mengikuti sang ayah, Michael Kiehl.

Walaupun bukan Warga Negara Indonesia, Cinta mengatakan bahwa dia tetap warga Indonesia karena sang ibu, Herdiana, masih mengantongi status sebagai warga Negara Indonesia.

4. Atiek CB

Atiek CB
Atiek CB
Keputusan yang serupa pun diambil oleh penyanyi rok 80-an Atiek CB. Setelah menikah dengan Laurence Smith, Atiek pun mengikuti kewarganegaraan sang suami yakni Amerika Serikat.

Alhasil, ia pun berhenti berkarir dan menjadi ibu rumah tangga di Negeri Paman Sam sana. Kini, ia juga tak pernah terdengar lagi kabarnya karena memang tak pernah muncul di televisi dan tak aktif pula di sosial media. Lima belas tahun berlalu, Atiek pun kini masih menetap di Amerika Serikat dengan keluarganya.

4. Daniel Sahuleka

Daniel Sahuleka
Daniel Sahuleka
Mungkin sebagian dari kalian tidak mengenal sosok musisi jenius ini. Memainkan genre jazz dengan gitarnya, ia sudah melanglang buana ke seluruh dunia dengan membawa nama Indonesia di hatinya. Meskipun begitu, ia malah tak dikenal di negeri sendiri.

Lebih terkenal di Eropa, membuat penyanyi jazz asal Ambon, Daniel Sahuleka memutuskan untuk berpindah kewarganegaraan menjadi Belanda. Nama Daniel Sahuleka begitu populer di kalangan musik jaz Eropa di tahun 1970 sampai 1980.

Berpindah kewarganegaraan nampaknya tak membuat Daniel lupa akan darah yang mengalir di tubuhnya. Hal tersebut terbukti dari album yang kental akan musik Maluku yang diciptakannya pada 2004 lalu.

Pilihan berkewarganegaraan memang pilihan masing-masing individu dan lekat kaitannya dengan HAM. Tetapi, menjadi Warga Negara Indonesia merupakan suatu kebanggaan yang tidak ternilai. Demikianlah 5 Artis Indonesia yang menanggalkan status WNI.


Baca Juga:
5 Warna cat dinding yang bisa mengurangi stres saat di rumah
3 Cara Ampuh Mengusir Tikus dari Rumah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar