Responsive Ads Here

Kamis, 26 Juli 2018

6 Tanaman Pengusir Nyamuk Pengganti Obat Semprot

Nyamuk jadi musuh manusia sejak lama. Tidak hanya gigitannya saja yang membuat kulit jadi bentol, gatal, dan kemerahan, nyamuk pun juga bisa menimbulkan beragam penyakit, seperti DBD (demam berdarah dengue), chikungunya dan juga malaria.

Untuk mengusirnya, orang seringkali mengunakan obat semprot ataupun obat bakar yang berbahan kimia yang justru berdampak buruk bagi kesehatan. Mengapa tidak mencoba alternatif lain saja yang lebih ramah lingkungan dengan menggunakan tanaman pengusir nyamuk di rumah misalnya? dan Ternyata ada beragam tanaman yang terbukti ampuh mengusir nyamuk.

1. Serai wangi

Tanaman serai wangi
Tanaman serai wangi
Tidak hanya berguna sebagai penyedap makanan atau minuman. Serai wangi ternyata juga bisa digunakan sebagai pengusir nyamuk. Oleh karena itu, tidak heran jika lilin aromaterapi atau losion anti nyamuk sering menggunakan tanaman ini sebagai bahan baku utamanya.

Tanaman serai bisa tumbuh subur di berbagai jenis tanah dan iklim . Hal inilah yang membuat serai jadi tanaman yang mudah ditemui dan mudah dipelihara sendiri di rumah. Meskipun serai tidak cocok bila ditanam di dalam pot, Anda bisa menanamnya di bawah jendela sekitar rumah. Ini dilakukan agar nyamuk tidak masuk ke dalam rumah.

2. Lemon balm

Ilustrasi tanaman lemon balm
Ilustrasi tanaman lemon balm
Tanaman Lemon balm juga mengandung senyawa sitronelal  sama seperti serai , yang ampuh untuk mengusir nyamuk. Aroma jeruk dari daun lemon balm ini juga salah satu wewangian yang dibenci nyamuk. Walau begitu, Anda harus berhati-hati apabila ingin menanam daun ini di pekarangan rumah. Sebabnya, tanaman ini memiliki sifat pertumbuhan yang cepat (invasif).


3. Bunga Lavender

Bunga lavender berwarna ungu
Bunga lavender berwarna ungu
Bunga lavender berwarna ungu dan memiliki aroma yang sangat harum. Meski aromanya banyak disukai manusia, namun nyamuk sangat tidak suka aroma lavender dan paling dihindari. Ini karena tanaman lavender mengandung zat linalool dan lynalyl asetat, yaitu dua zat yang sangat tidak disukai oleh nyamuk. Anda bisa meletakkan tanaman cantik ini di dalam pot dekat jendela atau pintu agar tidak ada nyamuk yang berani masuk ke rumah. Aroma lavender yang menyeruak akan membuat nyamuk jadi malas mendekat.

4. Catnip

Nepeta cataria, umumnya dikenal sebagai catnip
Nepeta cataria, umumnya dikenal sebagai catnip
Nepeta cataria, umumnya dikenal sebagai catnip adalah tanaman yang sering digunakan sebagai herbal perangsang untuk kucing agar menjadi lebih aktif. Setelah kontak dengan tanaman ini, kucing Anda mungkin akan menunjukkan perubahan perilaku yang lebih aktif. Namun, hal ini berbeda bagi nyamuk. Sebabnya, catnip merupakan salah satu tumbuhan yang sangat ditakuti nyamuk.

Peneliti menemukan bahwa kandungan minyak dalam catnip, yang dikenal sebagai nepetalactone, diketahui ternyata ampuh untuk mengusir nyamuk.Tanaman ini bisa tumbuh tinggi, jika ingin menanamnya di pekarangan rumah, sebaiknya tanamlah di tempat yang tidak akan menghalangi pandangan.

5. Bawang putih

bawang putih
Bawang putih
Selain untuk keperluan masak memasak, bawang putih ternyata sudah lama digunakan untuk mengusir nyamuk. Anda bisa mengiris bawang putih dan menaruhnya di tempat-tempat di mana sirkulasi udara berasal, misalnya jendela dan pintu rumah. Agar tidak terlalu beraroma menyengat, bisa menambahkannya dengan minyak wewangian lainnya sesuai dengan selera.


6. Geranium

Ilustrasi tanaman geranium merah
Bunga geranium tidak hanya dikenal karena keindahannya saja, namun juga manfaat tersembunyi dari bunga in, Zat citronella yang terkonsentrsi pada daun tanaman geranium akan mempu mengusir nyamuk dengan ampuh. Kandungan tersebut sangat tidak disukai oleh nyamuk karena baunya yang harum saat tertiup angin.

Anda bisa menanam tanaman ini di dalam pot dan kemudian menaruhnya di dalam ruangan untuk mengusir nyamuk yang masuk ke dalam rumah. Geranium juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias karena memiliki warna bunga yang sangat cantik.


Baca juga:
7 Alasan Mengapa Nyamuk Mengincar Anda
5 Cara Atasi Gatal Akibat Di Gigit Nyamuk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar