Responsive Ads Here

Kamis, 26 Juli 2018

5 Cara Atasi Gatal Akibat Di Gigit Nyamuk

5 Cara Atasi Gatal Akibat Di Gigit Nyamuk
5 Cara Atasi Gatal Akibat Di Gigit Nyamuk

Salah satu serangga yang sering berada di dekat kita juga paling menyebalkan adalah nyamuk. Tak cuma suaranya saja, namun gigitannya pun bikin bentol dan gatal paling dihindari orang. Bahkan, beberapa jenis nyamuk bisa menyebarkan penyakit seperti demam berdarah dan malaria. Untuk itulah, Anda harus tetap menjaga kebersihan lingkungan baik di dalam maupun di luar rumah untuk meminimalisasi jumlah populasi nyamuk.

Jika Anda merasa gatal karena gigitan nyamuk, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meringankannya.


1. Menempelkan benda dingin
Anda bisa menggunakan benda-benda dingin seperti es batu untuk ditempelkan ke kulit yang gatal. Cara ini bisa memberikan bantuan sementara dalam mengatasi gatal akibat gigitan nyamuk. Meski begitu, cara ini tidak bisa 'mengusir' protein air liur dari nyamuk. Paling tidak, cara ini bisa menenangkan gatal di kulit untuk untuk sementara waktu.

2. Dengan Baking soda
Oleskan baking soda (dicampur dengan sedikit air) di area gigitan nyamuk untuk meringankan rasa gatal. Jika kulit yang gatal meluas, tambahkan sedikit baking soda ke air mandi Anda.

3. Alkohol 
Belilah tisu beralkohol di apotek terdekat dan gosokkan pada area yang digigit nyamuk. Ini bisa membunuh protein nyamuk yang ditinggalkan di kulit.

4. Menggunakan krim anti-inflamasi 
Memakai krim anti-inflamasi akan mencegah gatal dengan menjaga rasa panas yang diinduksi gigitan tetap rendah.

5. Mengoleskan pasta gigi 
Pasta gigi juga bisa digunakan untuk menghilangkan rasa gatal akibat gigitan nyamuk. Caranya juga sangat mudah, yakni Anda cukup mengoleskan pasta gigi pada bagian kulit yang terasa gatal. Disarankan juga untuk memilih pasta gigi dengan rasa peppermint. Hal ini karena pasta gigi peppermint dapat menghilangkan bakteri dari gigitan nyamuk.

Baca juga: 7 Alasan Mengapa Nyamuk Mengincar Anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar