Responsive Ads Here

Sabtu, 16 Juni 2018

Menengok 5 Stadion Termegah di Piala Dunia 2018

Perhelatan akbar ajang sepakbola Piala Dunia yang diselenggarakan empat tahun sekali ini selalu menjadi pusat perhatian dunia dan menjadi ajang bergengsi bagi negara-negara peserta untuk berusaha untuk menjadi juara, tidak sedikit biaya yang dikeluarkan untuk mendanai berbagai persiapan baik untuk negara peserta atau pihak-pihak terkait bahkan terutama bagi negara yang menjadi tuan rumah tempat penyelenggaraan ajang ini diselenggarakan dalam hal ini piala dunia 2018 yang menjadi tuan rumah adalah Rusia. Untuk mendukung dan menyukseskan ajang ini tak tanggung-tanggung Rusia telah mengeluarkan dana sebesar 200 - 500 juta rubel atau setara Rp 44 - 111 triliun untuk menyukseskan ajang terakbar sepak bola dunia ke-21 ini.

Dana sebesar itu tentunya digunakan untuk pembangunan sarana dan prasarana yang terkait dengan ajang tersebut terutama untuk merenovasi dan membangun stadion baru. Hasilnya, saat ini Rusia berhasil menyelesaikan pembangunan 12 stadion yang siap memeriahkan 64 pertandingan. Sebagai negara yang sangat besar luas wilayahnya, Rusia pun tentunya memiliki banyak stadion megah yang menarik untuk diintip lebih mendalam. Bahkan lima stadion di antaranya tercatat sebagai stadion dengan kapasitas terbanyak seantero Rusia yang akan digunakan dalam ajang Piala Dunia ini.


1) Stadion Luzhniki 

Stadion Luzhniki
Stadion Luzhniki

Stadion Luzhniki merupakan stadion terbesar di Rusia dengan kapasitas mencapai 80.000 penonton. Stadion yang terletak di Moskow ini juga merupakan stadion utama tim nasional Rusia. Stadion Luzhniki sendiri mulai dibangun pada 1955. Setahun setelahnya, tepatnya pada 31 Juli 1956, stadion ini resmi digunakan. Sejak saat itu, stadion ini telah menggelar beberapa pertandingan penting, salah satunya merupakan memori buruk bagi suporter Chelsea saat mimpi  The Blues untuk menjadi juara Liga Champions pertama kalinya kandas di tangan Manchester United lewat drama adu penalti ketika stadion ini menjadi tempat final Liga Champions 2008 lalu.

Sepuluh tahun berselang kini stadion ini akan menjadi salah satu stadion terpenting dalam Piala Dunia 2018 ini karena akan menjadi tempat digelarnya tujuh pertandingan dua diantaranya Luzhniki akan digunakan sebagai stadion untuk menghelat laga pembuka dan final.


2) Stadion Saint Petersburg 


Stadion Saint Petersburg
Stadion Saint Petersburg

Stadion yang merupakan kandang klub raksasa, Zenit St Petersburg ini, memiliki kapasitas kedua terbanyak setelah Luzhniki. Mampu menampung sekitar 64.287 penonton ini akan menggelar tujuh pertandingan. Dua di antaranya merupakan laga penting, yakni pertandingan semi final dan perebutan juara ketiga. Stadion  ini juga dikenal dengan nama Stadion Krestovsky, karena letaknya yang berada di Pulau Krestovsky

Secara teknologi, Stadion Saint Petersburg menjadi salah satu arena paling modern di dunia, memiliki 7 lantai dengan tinggi 79 meter. Dengan memilki bentuk yang unik menyerupai bentuk pesawat luar angkasa atau UFO stadion ini juga atapnya bisa dibuka-tutup dengan cara digeser sehingga membuat stadion ini bisa digunakan di segala musim termasuk musim dingin yang terbilang ekstrem sekalipun.


3) Stadion Fisht


Stadion Fisht
Stadion Fisht

Stadion yang letaknya di kota Sochi ini awalnya dibangun khusus untuk keperluan ajang Olimpiade musim dingin 2014 namun karena Rusia terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018 ini akhirnya stadion ini pun direnovasi demi tutntutan regulasi FIFA stadion yang semula atapnya tertutup pun akhirnya dilepas. Stadion ini milik pemerintah Rusia dan tidak menjadi markas klub sepakbola.

Sebelum dinamai stadion Fisht stadion ini bernama Mount Fisht yang merujuk kepada salah satu puncak pegunungan kaukasus yang membentang di selatan Rusia di daerah Sochi.

Pada ajang Piala Dunia 2018, Stadion Fisht yang berkapasitas 47.659 penonton ini akan menjadi tuan rumah pada empat laga. Salah satu dari keempat pertandingan tersebut merupakan duel panas antara timnas Portugal melawan Spanyol.


4) Volgograd Arena


Volgograd Arena
Volgograd Arena

Stadion yang menjadi markas klub FC Rotor Volgograd ini mampu menampung sekitar 45.568 penonton.Terletak hampir 1.000 kilometer dari Kota Moskow. Ini dibangun di atas Central Stadium milik Rotor terdahulu, yang dihancurkan pada 2014. Pada awalnya, bangunan di stadion ini terkesan megah namun kaku, meskipun begitu, setelah renovasi selesai, nuansa modern menyelimuti stadion ini karena dipasangnya jendela warna-warni.

Selain bentuknya seperti kerucut terbalik, terdapat pula penahan angin dengan corak kembang api yang menyimbolkan semangat kota tersebut. Pemandangan di sekitar stadion ini juga cukup indah karena letaknya yang dekat dengan Sungai Volga.

Yang mengejutkan, meski sangat baru, relatif besar dan menyuguhkan desain yang sangat menarik, lokasi ini tidak akan menggelar pertandingan babak gugur. Mungkin karena faktor jarak yang terlalu jauh dari ibukota Moskow yang menjadi alasan.


5) Kazan Arena


Kazan Arena
Kazan Arena

Stadion yang terletak di Kota Kazan ini merupakan salah satu stadion terbaru di Rusia. Kazan Arena mulai dibangun pada 2010, pembangunan stadion ini rampung pada Juli 2013. Merupakan stadion yang menjadi markas dari salah satu klub besar Rusia, Rubin Kazan.

Desain Kazan Arena hampir sama seperti Stadion Emirates dan Stadion Wembley yang ada di London, Inggris. Namun, keunikan lain yang membedakan dari stadion berkapasitas 45,379 penonton ini adalah bentuknya yang menyerupai bunga teratai bila dilihat dari atas. Stadion ini juga diketahui memiliki layar luar terbesar di Eropa, yang melebar sepanjang satu tribun. Layar ini akan digunakan untuk menonton bersama bagi orang-orang yang tidak mendapatkan tiket masuk ke dalam stadion.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar