Responsive Ads Here

Selasa, 19 Juni 2018

Cara Hemat Kuota Internet pada Android

Datally App

Sebagai pengguna Smartphone Android mungkin pernah mengalami hal-hal yang tida diinginkan seperti misalnya kuota internet drastis cepat berkurang dan boros tidak seperti biasanya , padahal penggunaan aplikasi online digunakan seperti biasa dan wajar-wajar saja, mungkin ini dikarenakan ada aplikasi lain yang bekerja tersembunyi (background) yang menguras data. Alhasil, aplikasi tersebut menghabiskan data kuota internet, yang tak jarang dikeluhkan para pengguna perangkat.

Google pun akhirnya mengerti akan hal itu dengan meluncurkan aplikasi baru bernama Datally, yang membantu mengontrol konsumsi data kuota. Kala diuji coba, Google mengklaim jika pengguna bisa menghemat data hingga 30 persen. Datally adalah aplikasi yang dirancang untuk membatasi pengunaan internet oleh aplikasi yang berjalan di latar belakang (background).

Google juga ternyata mengetahui banyaknya  pengguna ponsel di Indonesia yang tidak memahami untuk apa saja kuota mereka digunakan. Mereka juga disebut mengalami kesulitan mengontrol penggunaan kuota pada aplikasi yang disukai.

Pengguna Android versi 5.0 (Lollipop) keatas bisa mengunduhnya secara gratis di google PlayStore melalui link ini. Aplikasi ini juga mengunakan koneksi VPN untuk menganalisa traffic pengguna. Begitu Datally dipasang di smartphone, sejumlah aplikasi secara otomatis diblokir. Namun, pengguna masih dapat mengatur aplikasi yang dianggap penting dan boleh menggunakan kuota internet. Aplikasi yang biasanya wajib selalu terhubung dengan internet adalah aplikasi pesan instan dan media sosial seperti WhatsApp atau Facebook, guna memberikan pembaruan notifikasi.

Datally 

Datally akan memberikan laporan seberapa banyak data yang digunakan dalam bentuk balon notifikasi yang muncul secara pop-up. Jumlah data yang dikonsumsi akan diberitahukan secara terus menerus selama aplikasi tersebut masih dibuka.

Dengan cara seperti itu pengguna Android dapat dengan mudah mengatur aplikasi mana yang harus diberhentikan agar tidak banyak menghabiskan kuota data internet, jika kuota yang digunakan terlalu banyak.

Ketika balon notifikasi tersebut diketuk (tapping) maka akan muncul opsi untuk memblokir data aplikasi dan melihat detail penggunaan data secara keseluruhan.

Dattaly- setting

Jika pengguna merasa terganggu dengan balon notifikasi tersebut, pengguna bisa menonaktifkannya  di menu pengaturan (setting) kemudian geser tombol opsi "enable data saver bubble" ke kiri. Pengguna bisa selalu meninjau berapa banyak data yang terkuras di setiap aplikasi, tiap jam, tiap hari, dan tiap bulan di menu "Manage Data Screen".

Selain bisa menghemat kuota, Datally juga mempunyai fitur pencarian jaringan Wi-Fi, pengguna bisa melihat jaringan Wi-Fi yang berada di dekatnya. Namun, Datally tidak menyediakan kunci pembuka WiFi. Untuk mengakses internet di WiFi terdekat, pengguna tentu saja harus memiliki atau mengetahui password-nya. Tujuannya untuk mengalihkan jaringan internet melalui Wi-Fi dan menghemat kuota data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar