Responsive Ads Here

Sabtu, 30 Juni 2018

6 Aplikasi Penghemat Baterai untuk Smartphone Android

6 Aplikasi Penghemat Baterai untuk Smartphone Android
Kondisi Baterai

Smartphone jaman sekarang semakin canggih bisa digunakan untuk apasaja tentu saja hal seperti itu membutuhkan aplikasi yang harus berjalan yang tentunya pasti menguras baterai.

Banyak fasilitas saat ini untuk mengisi baterai saat sudah mau habis bisa dengan powerbank atau lewat colokan listrik yang ada di kafe, stasiun, bandara dan lainnya. Namun sering kali hal tersebut juga tidak praktis.

Daya tahan baterai hingga saat ini masih menjadi masalah utama yang mengganggu para pengguna smartphone Android walau sebenarnya sistem operasi yang berlambang robot hijau ini sudah mengoptimalkan penggunaan baterai dan telah mempunyai efisiensi daya tahan baterai yang baik. Namun tampaknya hal itu dirasa belum cukup.

Sekarang sejumlah smartphone pabrikan telah memiliki aplikasi penghemat baterai sendiri diantaranya 'Extreme power mode' di HTC One M9 dan 'Ultra power saving' pada Samsung Galaxy S6.

Bagi pengguna smartphone Android yang tidak memiliki fitur aplikasi bawaan seperti itu tidak usah khawatir karena sekarang sudah ada aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan anda untuk menggunakan fitur yang sama, dan juga untuk menjaga baterai perangkat agar bisa bertahan selama mungkin sebelum repot mencari charger, pengguna Android bisa mencoba 6 aplikasi penghemat baterai berikut :

1) Greenify
Greenify
Greenify

Aplikasi penghemat baterai yang satu ini mengatur aplikasi yang berjalan pada perangkat agar memasuki mode hibernasi, pengguna pun bisa memilih aplikasi mana saja yang akan dihibernasikan, ponsel pun hanya memerlukan sedikit daya saat pengguna memanggil aplikasi tersebut bila dibandingkan memanggilnya dari awal.

Bagi pengguna Android versi 6.0 (Marshmallow) Greenify memanfaatkan fitur yang ada pada sistem tersebut dengan mendmpleng fungsi doze penghemat daya dari sistem operasi tersebut.

Berbagai fitur khusus Marshmallow ini termasuk Agrresive Doze yang akan membuat ponsel memasuki mode hibernasi dalam beberapa menit setelah tak lagi dipakai, juga ada Shallow Hibernation yang berfugnsi menghentikan sementara (suspend background process) tanpa mematikannya. Untuk mengunduh aplikasi ini klik link dibawah.

Download aplikasi Greenify


2) Go Battery Saver & Power Widget
Go Battery Saver & Power Widget
Go Battery Saver & Power Widget

Go Battery Saver & Power Widget memonitor aplikasi untuk menemukan mana saja di antaranya yang paling memboroskan baterai. Aplikasi ini menawarkan berbagai fungsi penghematan baterai dan pengguna diberi pilihan untuk mengaktifkan berbagai preset yang bisa mengirit daya sampai ke tingkat ekstrim.

Pengguna juga diberi pilihan untuk membuat kostumasi agar bisa mengatur sendiri penghematan baterai apa saja yang akan dilakukan. Tersedia juga widget sebagai shortcut di homescreen lengkap dengan opsi membeli skin tambahan untuk aplikasi.

Download Go Battery Saver & Power Widget

3) Avast Battery Saver
Avast Battery Saver
 Avast Battery Saver

Sang pembuat Antivirus Avast, turut pula ikut menawarkan aplikasi penghemat Baterai Android ini yang mampu dengan akurat memprediksi kapan Baterai akan habis.

Ada beberapa fitur yang bisa digunakan untuk mengatur aspek-aspek perangkat yang bisa memboroskan baterai seperti seperti Wi-Fi, kecerahan layar, sinkronisasi data, dan vibration.

Ada empat preset yang disediakan yang bisa dipilih dan diatur ulang sesuai dengan kebutuhan pengguna yaitu Home, Work, Night, dan Super-Saving Emergency Mode.

Avast Battery Saver juga bisa diatur agar preset penggunaan daya bisa berganti secara otomatis sesuai dengan kondisi ponsel misalnya ketika berganti Wi-Fi network dari jaringan kantor ke jaringan rumah.

Download Avast Battery Saver


4) DU Battery Saver & Phone Charger
DU Battery Saver & Phone Charger
DU Battery Saver & Phone Charger

Selain tampilannya yang cantik, aplikasi berkonsep sederhana ini juga menyediakan aneka setting dan shortcut untuk mempermudah pengaturan daya bagi penggunanya. Aplikasi besutan DU APPS STUDIO ini telah diunduh dan digunakan pengguna Android sebanyak 400 juta user merupakan jumlah yang sangat banyak.

Walaupun gratisan aplikasi ini mengklaim mampu menghemat daya hingga 50%, bisa dengan mudah memonitor aplikasi mana yang memboroskan baterai dan langsung bisa mematikannya.

Selain versi gratisan yang bisa diunduh di Goole Play store juga menawarkan versi berbayar dengan fitur-ftur tambahan seperti membersihkan background process yang tidak penting. Dengan harga  3 dollar AS yang menjanjikan penghematan daya hingga 70 persen.

Download DU Battery Saver & Phone Charger


5) Green Battery Saver & Manager
Green Battery Saver & Manager
Green Battery Saver & Manager

Green Battery Saver & Manager memberikan beberapa opsi untuk menambah masa pakai perangkat hingga beberapa jam lebih lama. Bisa mematikan Wi-Fi, Bluetooth atau koneksi data saat tidak terpakai atau mematikannya dalam waktu tertentu setelah di setel sebelumnya.

Aplikasi ini juga bisa diatur agar membatasi rentang waktu sinkronisasi data email, foto, musik ataupun buku buku digital agar ponsel tidak terus menerus mengirim dan menerima data.

Versi gratis dari aplikasi ini menyediakan shortcut ke berbagai pengaturan ponsel seperti pengaturan kecerahan layar, sedangkan versi yang berbayar menghadirkan beberapa fitur tambahan seperti adanya statistik baterai dan menghilangkan iklan yang mengganggu.

Download Green Battery Saver & Manager


6) Battery Optimizer: Clean Daily
Battery Optimizer: Clean Daily
Battery Optimizer: Clean Daily

Aplikasi ini besutan McAfee (Intel Security) tak hanya dirancang untuk menghemat baterai Android tapi juga untuk optimalisasi penggunaan memory dan storage. Aplikasi ini mampu membersihkan RAM , membersihkan media penyimpanan internal dari aneka junk file yang tak terpakai, serta mengatur konsumsi daya berdasarkan kapasitas baterai yang tersisa.

Ada juga fitur untuk memonitor konsumsi data bulanan agar kuota bisa terkontrol, dan juga tombol Quic Boost untuk mengoptimalkan kinerja ponsel dan baterai dengan satu kali klik.

Download Battery Optimizer: Clean Daily



Tidak ada komentar:

Posting Komentar